Cara Menggunakan VLOOKUP di Excel

VLOOKUP  adalah fungsi Excel untuk mencari dan mengambil
nilai tertentu dari suatu tabel referensi.
VLOOKUP sangat berguna untuk memudahkan kita dalam mengolah
tabel di excel, terutama yang rownya lumayan banyak.

Sebagai contoh yang simple, ada dua tabel di excel sebagai berikut:


Note : data di atas adalah data dummy. Jika ada kesesuaian dengan aslinya,
           hanyalah kebetulan semata ^_^

Kedua tabel tersebut  pengen digabungin jadi satu tabel yang terdiri dari kolom
NO, NIP, Nama dan Email sbb:

Nah, buat gabungin kedua tabel tersebut kita bisa pake  VLOOKUP.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1.  Klik  kolom Email di tabel gabungan (D15).
     Kemudian klik tombol Insert Function(fx)
    
    

2. Pilih fungsi VLOOKUP dan tekan tombol OK
    
    
    Kalau fungsi VLOOKUP tidak ada di list Select a function
    ketik vlookup di field Search for a function dan klik tombol GO.
    

3. Berikut tampilan fungsi VLOOKUP:
   
   Lookup_value     : nilai yang akan dicari
   Table_array        : tabel referensi  yang berisikan data yang ingin di ambil
   Col_index_num  : nomer kolom di Table_array yang menjadi acuan
   Range_lookup     : isinya True(mencari nilai yang mendekati)
                                  atau False(mencari nilai yang persis sama)

4. Di field Lookup_value, arahkan mouse ke kolom nama (C15)    

5. Kemudian pindahkan kursor mouse ke field Table_array
    Select kolom Nama dan Email di tabel 2, sehingga isi fieldnya adalah F:G

6. Di field Col_index_num isi dengan angka 2
    Karena yang menjadi acuan adalah kolom ke-2 (Email).
    Kemudian di Range_lookup, isi dengan false (mencari nilai yang persis sama).    
     
7. Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar, maka
    rumus VLOOKUP nya adalah  =VLOOKUP(C15,F:G,2,FALSE).
    Dan hasilnya adalah elfan@gmail.com.    
    
 8. Rumus tersebut tinggal di copy paste dari no.2 (D16) sampai 10 (D24).
     Sehingga tabel gabungannya menjadi sbb:     
    

Kalo tabel 1 dan tabel 2 di sheet yang berbeda, misalnya sbb:

Dan kolom Emailnya di tambahin di tabel 1, maka rumus VLOOKUP nya menjadi
=VLOOKUP(C2,Sheet2!B:C,2,FALSE).

Yang berbeda adalah Lookup_value(C2) dan Table_arraynya (Sheet2!B:C).

Sehingga hasilnya adalah sbb:




Komentar

  1. aku membuat add-in untuk vlookup formula maker, tinggal klik, formula otomatis jadi. silahkan dicoba, http://www.aremacracker.co/2016/04/download-vlookup-formula-maker-add-in.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi Error "illegal attribute type" Koneksi PHP ke Database Oracle

Cara Mengatasi Print File Excel Tidak Ada Garis Bordernya

Cara Mengatasi HP Realme 5 Pro Black Screen